Selasa, 19 November 2013

dextro.jpgwaktu itu ane beli obat pilek and batuk ditoko obat ane dikasih 3 jenis yaitu Ambroxol,Neostopflu dan satu lg yg udah bnyk dikenal para pelajar(yg suka mabok ) yaitu Dextromethorphan atau pil Dextro yg banyak disalahgunakan para pelajar sbg obat mabok yg murah meriah, ternyata obat itu msh bnyk dijual secara bebas ditoko2,tapi ane harus meminum utk flu&batuk ane tapi sesuai dgn resep yg dianjurkan dan dgn resep dokter tentu maka dari itu pada postingan kali ini ane mau share apa sih manfaat dan bahaya pil Dextromethorphan ,oke berikut penjelasana setelah ane tanya2 sama mbah googlesmileDextromethorphan atau sering di singkat Dextro/ DMP, adalah obat batuk "over the counter" (OTC) yang disetujui penggunaannya pertama kali pada tahun 1958 . OTC artinya dapat di beli secara bebas, tanpa resep . Walaupun demikian, obat ini hanya boleh dijual ditoko obat berizin. DMP atau Dextromethorphan Hydrobromide adalah senyawa sintetik yang terkandung dalam berbagai jenis obat batuk yang bersifat antitussive untuk meredam batuk . Ciri khas obat batuk yang mengandung DMP ini biasanya di beri label “DM” . Meskipun ada dalam bentuk murni, DMP biasanya berupa bentuk kombinasi . Artinya, dalam satu tablet, selain DMP juga terdapat obat lain seperti parasetamol (anti nyeri anti demam), CTM (anti histamin), psuedoefedrin/ fenil propanolamin (dekongestan), atau guafenesin . Manfaat utama DMP adalah menekan batuk akibat iritasi tenggorokan dan saluran napas bronkhial, terutama pada kasus batuk pilek . Obat ini bekerja sentral, yaitu pada pusat batuk di otak . Caranya dengan menaikkan ambang batas rangsang batuk . Sebagai catatan, beberapa obat batuk lain bekerja langsung di saluran napas . Untuk mengusir batuk, dosis yang dianjurkan adalah 15 mg sampai 30 mg yang diminum 3 kali sehari . Dengan dosis sebesar ini, DMP relatif aman dan efek samping jarang terjadi,paling cuma ngantuk doank karna orang yang terkena flu/batuk disuruh banyak2 beristirahatsmile Demikian yang bisa ane berikan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar